|

Membuat Halaman Utama Pada blogger.com

Halaman utama adalah tampilan muka dari sebuah blog. Layaknya surat kabar, ia akan di beli oleh orang apabila mereka tertarik dengan isi halamn utama. Halaman utama adalah cerminan dari sekalian ini blog.

Semua orang tahu, bahwa halaman utama pastilah di depan (duluan terlihat). Jika kita melakukan posting, maka post yang terakhir akan muncul paling atas. Setiap post memiliki permalink (permanen link) sebagai rujukan search engine seperti Google. Tips ini ditujukan untuk Anda yang membuat blog di Blogger.com

Yang Ada di Halaman Utama

Gambar Utama, ini berfungsi sebagai pemberi kesejukan dan kenikmatan pada mata yang melihat. Halaman utama jangan terlalu banyak diberi gambar yang besar, karena akan memperlambat blog Anda di buka. Judul dari Semua Post, ini sangat berguna bagi para pengunjung. Mereka dapat mengetahui sekalian isi blog Anda hanya dengan melihat halaman utama. Selain itu, akan memudahkan pengunjung dalam mencari apa yang mereka inginkan.

Tekhnik Pembuatan Halaman Utama

Atur blog Anda agar hanya menampilkan satu post saja. Hal ini berfungsi agar saat blog dibuka, maka hanya ada satu post yang tampil di halaman muka. Langkahnya sebagai berikut:
  1. Pilih Tata Letak => Elemen Halaman => Terlihat elemen2 atau kotak2 dasar yang menggambarkan bagaimana halaman blog anda tersusun. Pilih 'Posting Blog' lalu muncul menu baru dari pengaturan tampilan posting blog anda. Ada 2 pengaturan yg berlaku yaitu Opsi Laman Utama dan Opsi Laman Entri. Pada Opsi Laman Utama isikan jumlah posting di halaman utama: 1 'Post' (Dan pada Opsi 'Opsi Laman Entri' terserah anda bagaimana seleranya, anda tinggal memberi atau menghilangkan tanda centangnya bila ingin merubah-rubah tampilan entri posting yang muncul nantinya).
  2. Desainlah sebuah posting untuk halaman utama menurut selera anda dengan membuat sebuah posting baru, Setelah itu, copy paste-lah code HTML dari post ini menggunakan 'notepad' dan simpan di komputer (ingat 'Edit HTML' sebuah posting berbeda dengan 'Tulis'). Kemudian 'Simpan Halaman' dan jangan diterbitkan. Ini artinya anda hanya menyimpan sebuah posting dan dijadikan 'draft'.
  3. Buatlah posting baru (pertama) untuk blog anda. Setelah lengkap dan siap dengan judul dan entri2nya lalu 'Terbitkan'. Lalu buatlah posting berikutnya (ke 2,3 dan strsnya), dan 'Terbitkan'
  4. Setelah selesai memosting judul-judul atau ide-ide atau juga artikel anda, lalu selanjutnya membuat halaman utamanya. Yaitu dengan membuat sebuah posting baru lagi, tetapi yang terakhir ini berisi copy paste-an yang tadi disimpan di notepad sebelumnya. Copy paste-lah di 'Edit HTML' bukan di 'Tulis' (ingat itu!!!)
  5. Bila ingin menambah posting baru lagi, anda hanya tinggal menjalankan poin no.3 (keterangan dalam kurungnya abaikan saja) yaitu membuat posting baru dan 'Terbitkan'. Begitu seterusnya sampai selesai dengan judul terakhir.
  6. Dan selalu ditutup dengan cara pada poin no.4
  7. Setelah selesai membuat posting halaman utama ini, akhirilah dengan menghapus halaman utama sebelumnya.
  8. Jika ingin merubah desain atau isi halaman utama, anda hanya tinggal mengedit 'draft' halaman utama yang hanya disimpan saja (poin no.2, dan jangan diterbitkan kecuali anda telah paham dengan teknik kode HTML). Lalu copy paste-lah Kode HTMLnya dan disimpan di notepad.
Saya menyadari tips ini tidak begitu efisien. Saya menerima kritik dan saran dari rekan-rekan semua tentang hal ini. Dan juga saya mohon maaf jika kalimat yang saya tulis ini tidak mudah dimengerti. Semoga bermanfaat
Share :
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

nice article..! thnk's

Posting Komentar

 
© Copyright Internet Bebas 2010 -2011 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.